WAJAH BARU ALUN-ALUN KOTA BOGOR

ALUN-ALUN KOTA BOGOR

Alun-alun Kota Bogor yang dibangun di eks Taman Topi, Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah akan diresmikan Jumat 17 Desember 2021. Resmi dilaunching Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Seremoni peresmian tersebut berlangsung meriah dengan menerbangkan belasan burung merpati, puluhan warga turut menyaksikan pembukaan Alun-Alun Kota Bogor.  Dengan diresmikannya  menandakan bersatunya kembali yang sudah satu abad berpisah, Stasiun Bogor, dan Taman Wilhelmina.

Alun-alun ini yang didirikan di lahan eks Taman Topi atau Taman Ade Irma Suryani itu memiliki fasilitas trek berlari, alat fitness, plaza terbuka dan diorama perjuangan. Esensi alun-alun adalah ruang keluarga bagi warga Bogor. Alun-alun juga sebagai ruang demokrasi untuk siapa saja tanpa ada batasan sehingga ini mengekspresikan ruang bersama.

Dalam situs resmi Kota Bogor dijelaskan bahwa di kawasan ini terdiri dari zona botani atau hutan kota, zona plaza, zona olahraga hingga zona religi yang akan terintegrasi dengan Masjid Agung Kota Bogor.

Baca Juga : TUGU KUJANG, THE SPIRIT OF BOGOR CITY

Di sisi lain, juga dinilainya sangat istimewa karena terintegrasi dengan bangunan bersejarah yakni Stasiun Bogor dan Masjid Agung. Diharapkan, dengan adanya alun-alun ini bisa menjadikan Kota Bogor semakin nyaman dan aman.

Wali kota Bogor menyampaikan bahwa alun-alun bukan hanya tempat bercengkerama dan berolahraga, tapi juga sebagai ikhtiar untuk membangun kebersamaan warga dan untuk membangun peradaban kota. Tidak ada kota yang maju dan kuat tanpa warganya yang bersama-sama.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat mengatakan ciri kota yang baik menurut anak kecil, yaitu kota yang memberikan rasa nyaman; bagi perempuan memberikan rasa aman; dan bagi lansia memberikan rasa rindu dan aman.

 

error: Content is protected !!