KEBUN RAYA BOGOR

KEBUN RAYA BOGOR

Kebun Botani Bogor atau yang akrab kita sebut dengan Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani luas dan rindang hijaunya terletak di Bogor, Jawa Barat. Menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi bila anda berkunjung ke Kota Hujan ini, yang memiliki luas kurang lebih 87 hektar. Disini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam dan penghijauan serta sejuknya udara alami dari kebun botani.

Kamu juga bisa mengunjungi spot-spot menarik yang ada dikawasan Kebun raya, serta dapat menambah wawasan tentang tanaman dan tumbuhan yang ada di tempat ini.

Pada mulanya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun pada perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor bisa dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu (1880 – 1905).

Baca juga : 5 TEMPAT WISATA INSTAGRAMABLE DI BOGOR

Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894)

Pada kesempatan kali ini Tim Bogorloker.Com berkesempatan untuk membahas tentang Kebun Raya Bogor, yang tidak lain menjadi salah satu icon wisata alam yang menggema sampai manca negara, selain wisata puncak dan lainnya.

Selain terkenal dengan kekayaan alam tumbuhannya, disini juga terkenela dengan icon-iconnya yang disebut dengan 5 Pillar Kebun Raya, yaitu:

 

Konversi 

Melestarikan keanekaragaman jenis tumbuhan secara ex situ (konservasi di luar habitat asli) sebagai koleksi rujukan yang bernilai ilmiah tinggi pengembangan potensi guna pemanfaatan secara berkelanjutan, serta dijadikan back up penting bagi upaya pemulihan jenis-jenis tumbuhan terancam kepunahan serta pemulihan lahan-lahan terdegradasi.

Edukasi

Menyajikan informasi yang jelas bagi pengunjung untuk meningkatkan pengetahuan di bidang botani, konservasi, lingkungan dan pemanfaatan tanaman; serta untuk merangsang tumbuh-kembangnya kesadaran, kepedulian, tanggung jawab dan komitmen masyarakat terhadap pelestarian tumbuhan.

Penelitian

Melaksanakan dan memfasilitasi berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang konservasi, domestikasi dan reintroduksi tumbuhan serta botani ekonomi.

Wisata Alam

Menciptakan wisata alam yang memiliki muatan ilmu pengetahuan, sekaligus juga menyegarkan dan inspiratif untuk mendukung kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih baik.

Jasa Lingkungan

Memberikan dampak ekologis bagi peningkatan kualitas lingkungan yang meliputi tata air, keanekaragaman hayati, penyerapan karbon dan keindahan lanskap.

error: Content is protected !!